Visi & Misi

Visi

INACERT merupakan Lembaga Penilaian, Profesi, Kredibel, dan Akses Penuh, dan Badan Tanggung Jawab sesuai dengan standar nasional dan internasional.

Misi

Memberikan Layanan Profesional, Independen, dan Kredibel kepada pelanggan

Memberikan Akses Penuh, serta Tanggung Jawab kepada pelanggan kami dalam membangun sistem manajemen sesuai dengan standar Internasional.

Kebijakan Kualitas Perusahaan

Kekuatan pendorong sebagian besar adalah salah satu profesionalisme dan kualitas layanan yang didasarkan pada keterampilan yang terbukti dari orang-orangnya.

Kebijakan Manajemen kami adalah “Untuk memberikan layanan sertifikasi sistem manajemen nilai tambah yang efektif dan bernilai tambah kepada klien kami dengan standar imparsialitas yang tinggi, etika (manajemen konflik kepentingan), dan objektivitas.”

INACERT adalah entitas yang hidup dan dinamis yang mengandalkan masukan dari Badan Akreditasi, Klien, Komite Penasihat & Ketidakberpihakan dan personel internal untuk memungkinkan peningkatan dan relevansi yang berkelanjutan untuk semua pemegang saham.

Alur Proses Sertifikasi

  1. Aplikasi untuk sertifikasi
  2. Ulasan aplikasi
  3. Tinjauan dan persyaratan dokumen (Audit Tahap I)
  4. Audit Lapangan (Audit Lokasi 2)
  5. Ulasan dan Verifikasi
  6. Sertifikasi Keputusan
  7. Penerbitan Sertifikat
  8. Supervisi Audit (Audit Pengawasan)
  9. Reformasi Sertifikasi (Sertifikasi Ulang)

Pernyataan tidak memihak dan independen

Prinsip Dasar dari INACERT dengan kuat menjunjung tinggi prinsip-prinsip dasar untuk menumbuhkan kepercayaan dan kemandirian yang meliputi:

  1. Ketidakberpihakan dalam proses sertifikasi
  2. Penyediaan tim audit yang kompeten di bidangnya dan tidak terlibat dalam kegiatan yang bertentangan dengan kebebasan dan integritas hukum terkait dengan kegiatan audit dan sertifikasi
  3. Bertanggung jawab atas hasil audit yang dilakukan
  4. Menciptakan keterbukaan
  5. Menjaga dan memastikan kerahasiaan
  6. Respon cepat terhadap keluhan dan banding
  7. Bukan bagian dari perusahaan yang terlibat dalam kegiatan sertifikasi

1. Ketidakberpihakan dalam Proses Sertifikasi

INACERT menjunjung tinggi prinsip ketidakberpihakan dalam proses sertifikasi pelanggan. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan sertifikasi yang sesuai dengan standar internasional.

INACERT mengakui dan memahami bahwa pendapatan untuk lembaga sertifikasi berasal dari pelanggan untuk kegiatan sertifikasi yang dilakukan, dan ini merupakan ancaman potensial terhadap ketidakberpihakan lembaga sertifikasi.

Oleh karena itu, INACERT berdiri secara independen di mana semua biaya sepenuhnya dari INACERT dalam kegiatan sertifikasi yang dengannya hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa prinsip ketidakberpihakan dipertahankan oleh lembaga sertifikasi.

Keputusan sertifikasi yang dibuat oleh INACERT dibuat dan ditandatangani oleh pembuat keputusan sertifikat yang memiliki kompetensi dan netral, di mana pembuat keputusan tidak bertanggung jawab untuk melakukan audit dan bukan anggota tim audit.

Beberapa ancaman terhadap ketidakberpihakan meliputi yang berikut:

  1. Ancaman kepentingan pribadi; Merupakan ancaman yang timbul dari seseorang atau lembaga yang bertindak untuk keuntungannya sendiri. Kepentingan yang terkait dengan sertifikasi yang merupakan ancaman terhadap ketidakberpihakan adalah kepentingan pribadi untuk membiayai.
  2. Ancaman Belajar Mandiri; Merupakan ancaman yang timbul dari seseorang atau lembaga yang mempelajari hasil karyanya sendiri. Audit sistem manajemen pelanggan yang dilakukan oleh seseorang dari lembaga sertifikasi yang telah memberikan konsultasi sistem manajemen dapat menimbulkan ancaman dalam tinjauan sendiri.
  3. Ancaman Keakraban (atau kepercayaan); Merupakan ancaman yang timbul dari orang atau lembaga yang terlalu akrab atau terlalu percaya diri dengan personel tertentu daripada bukti audit yang dihasilkan.
  4. Ancaman Intimidasi; Merupakan ancaman yang timbul dari seseorang atau institusi yang memaksa pelanggan untuk membuka atau menyimpan suatu persepsi rahasia. Ancaman seperti itu akan menggantikan posisi atau melapor kepada manajemen perusahaan.

2. Penyediaan Tim Audit Kompetensi

INACERT menyediakan tim audit yang kompeten di bidangnya dan tidak terlibat dalam kegiatan yang bertentangan dengan kebebasan dan integritas hukum yang terkait dengan kegiatan audit dan sertifikasi sehingga dapat memberikan sertifikasi yang kredibel dan andal.

Setiap karyawan INACERT diharuskan dan diberi kesempatan untuk terus meningkatkan kompetensinya untuk menjadi lebih baik dan kompeten sesuai dengan standar Internasional. Peningkatan kompetensi untuk semua karyawan SSM Indonesia dilakukan dengan memberikan pelatihan, pendidikan dan pengalaman audit.

3. Bertanggung jawab atas Hasil Audit

Pelanggan memiliki tanggung jawab untuk dapat mematuhi semua persyaratan sertifikasi yang telah dipersyaratkan sesuai dengan standar internasional. INACERT bertanggung jawab untuk mengakses dan melakukan penilaian obyektif disertai dengan bukti yang sah dan sesuai dengan standar internasional sebagai dasar untuk pengambilan keputusan sertifikasi.

Berdasarkan kesimpulan hasil audit yang dilakukan oleh INACERT, keputusan sertifikasi harus dibuat untuk disertifikasi atau tidak.

Jika bukti kesesuaian memadai dan sesuai dengan standar dan tindakan korektif telah diambil maka itu akan menjadi sertifikasi pengambilan keputusan oleh pembuat keputusan.

4. Menciptakan Keterbukaan

INACERT memberikan akses publik atau publik untuk memberikan informasi secara tepat dan sesuai dengan proses sertifikasinya, serta memberikan status sertifikasi perusahaan agar selalu mendapatkan kepercayaan pada integritas dan kredibilitas sertifikatnya.